Perbedaan RG59 VS RG6

Tidak semua kabel coaxial itu sama. Permasalahan yang sering terjadi adalah kebanyakan kabel coaxial terlihat sama dan hal inilah yang membuat kebanyakan orang bingung dalam memilih mana kabel yang sesuai dengan kebutuhan. Ketika Anda memilih kabel coaxial yang paling penting Anda ketahui adalah apa spesifikasinya.

Kabel coaxial menggunakan rating RG untuk membedakannya dengan kabel lainnya. RG merupakan tipe yang sudah lama dilupakan dalam istilah militer yang artinya “Radio Guide”. Perbedaannya antar kabel terletak pada spesifikasinya dan hal itu ditandai melalui angka dibelakangnya. Ada banyak kabel coaxial yang diciptakan dalam beberapa tahun, namun masih banyak orang yang kurang memiliki pengetahuan tentang RG59 dan RG6, jadi ini akan menjadi fokus kita.

RG59

Kabel RG59 sudah hadir sejak lama. Kabel ini biasanya digunakan oleh kebanyakan orang untuk koneksi TV kabel mereka. Namun kebutuhan sinyal saat ini membuat kabel ini menjadi kurang populer dalam beberapa tahun terakhir. RG59 memiliki konduktor yang lebih kecil dari RG6, ini artinya RG59 tidak dapat memiliki kualitas sinyal seperti RG6. Cara shieldingnya pun didesain agar tidak mencapai level sinyal Gigaheartz didalam konduktornya dengan baik. Ini alasannya mengapa RG59 menjadi pilihan yang kurang baik untuk TV dan koneksi internet Anda.

RG59 sangat baik untuk digunakan pada frekuensi sinyal yang rendah (dibawah 50 MHz). Hal ini yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk CCTV. Anda bahkan dapat membuat proses instalasi menjadi mudah dengan menggunakan kabel Kyomitsu RG59 + Power yang sudah dilengkapi dengan 2 kabel power. Dengan menggunakan kabel ini Anda akan dapat menjalankan video dan power untuk CCTV secara bersamaan dan mengefisiensikan waktu instalasi hingga setengah dari biasanya. Selain itu beberapa TV HD masih menggunakan frekuensi rendah (sekitar 37 MHz), membuat RG59 menjadi pilihan yang terbaik.

RG6

Semua permintaan kebutuhan oleh sinyal satelit dan internet broadband menjadi sangat penting sehingga membutuhkan kabel coaxial yang lebih efektif. RG6 didesain untuk memenuhi kebutuhan tersebut. RG6 memiliki konduktor yang lebih besar yang tentu saja akan memberikan kualita sinyal yang lebih baik. Dielectric Insulation dibuat menjadi lebih tebal dengan tujuan untuk mencegah agar listrik yang dialirkan tidak merusak bagian sensitif dari peralatan elektronik Anda. RG6 juga dibuat dengan shielding yang berbeda sehingga dapat menangani sinyal level GHz dengan lebih efektif.

Kesimpulan

RG6 merupakan pilihan yang baik untuk penggunaan CATV, satelit, antena TV, atau internet broadband. Penggunaan RG59 sangat cocok untuk kebanyakan sistem CCTV. Sebenarnya yang perlu Anda perhatikan adalah rating frekuensi yang digunakan pada peralatan Anda. Jika peralatan Anda menggunakan frekuensi yang tinggi (diatas 50 MHz), maka akan lebih baik jika Anda menggunakan RG6. Tetapi jika Anda menggunakan rating frekuensi dibawah 50 MHz lebih baik menggunakan RG59.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan

Memutuskan penggunaan antara RG59 dan RG6 merupakan bagian dari proses. Setiap kelas dari kabel dapat memiliki perbedaan tipe shielding atau jacket dan hal ini mungkin atau tidak mungkin cocok dengan instalasi Anda.

Shielding

Shielding mencegah hilangnya sinyal, sekaligus menjaga kualitas sinyal Anda. Kabel coaxial biasanya hadir dengan dua tipe shielding: dual dan quad (walaupun beberapa kabel RG59 masing menggunakan satu shielding). Semakin banyak shielding yang Anda miliki, semakin baik kinerja kabel Anda, terutama dalam penggunaan yang panjang. Perbedaan antara dual dan quad shielding terdapat pada jumlah shielding yang disediakan. Dual shielding meliputi sebuah bonded foil dibawah metal braid (RG59 menggunakan copper braid dan RG6 menggunakan alluminium braid). Quad shielding memiliki lebih banyak layer shielding dan biasanya lebih terproteksi. Namun, kabel coaxial yang baru dibuat dengan 95% braid (kebanyakan braid hanya 60% saja) yang akan membuat kinerja mereka lebih baik dibandingkan kabel quad shield.

Kehilangan sinyal

Walaupun teknik shielding terbaru memungkinkan kita untuk meminimalisasikan kehilangan sinyal, tetapi hal tersebut tidak dapat dihindari. Berikut ini penjelasan kehilangan sinyal dalam satuan desibel untuk setiap 100 kaki. Perlu Anda ketahui bahwa semakin panjang kabel yang Anda gunakan, semakin besar kemungkinan untuk kehilangan sinyal. Itulah mengapa akan lebih baik jika pada saat instalasi menggunakan kabel yang lebih pendek.

Kehilangan sinyal RG59 per 100 kaki:

  • Kehilangan 50 MHz: 2.4 dB
  • Kehilangan 100 MHz: 3.4 dB
  • Kehilangan 400 MHz: 7.0 dB
  • Kehilangan 900 MHz: 11.1 dB
  • Kehilangan 1000 MHz: 12.0 dB

Kehilangan sinyal RG6 per 100 kaki:

  • Kehilangan 50 MHz: 1.5 dB
  • Kehilangan 100 MHz: 2.0 dB
  • Kehilangan 400 MHz: 4.3 dB
  • Kehilangan 900 MHz: 6.8 dB
  • Kehilangan 1000 MHz: 7.0 dB

Daya Tahan Kabel

Kabel outdoor harus memiliki berbagai proteksi terhadap beberapa elemen. Pada kabel Kyomitsu RG59 dan RG6 menggunakan jacket berbahan PE (Polyethylene) daripada standar PVC jacket yang pada umumnya digunakan pada kabel coaxial. PE jacket membuat kabel ini tahan terhadap cuaca dingin, kelembaban, proses kimia, abrasi, bahkan petir.

Ketika Anda mengubur kabel coaxial, kelembaban merupakan salah satu kendala yang harus dihadapi. Tanpa adanya proteksi kelembaban, kabel Anda akan beresiko untuk terkena kelembaban dan terkontaminasi sehingga akan menimbulkan karat pada shield dan konduktornya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *